Faktor yang Melatar Belakangi Anak Panti Asuhan Berprestasi (Studi Kasus: Panti Asuhan Muhammadiyah Cabang Pauh IX Rawang Ketaping Kecamatan Kuranji Kota Padang)
Main Author: | Mia, Purnama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9436/1/09070181%20MIA%20PURNAMA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9436/2/ABSTRAK%20-%202020-07-22T155441.321.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9436/3/BAB%20VI%20%2814%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9436/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-22T155522.693.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9436/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor yang melatar belakangi anak panti asuhan berprestasi, dari 21 panti asuhan yang ada di Kota Padang panti asuhan Muhammadiyah yang jumlah anaknya paling tinggi mendapatkan prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang melatar belakangi anak panti asuhan Muhammadiyah berprestasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori David McClelland tentang dorongan untuk berprestasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif untuk memberikan gambaran terperinci tentang realitas yang diteliti. Informan dalam penelitian ini adalah anak panti yang berprestasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Unit analisis adalah individu, dan analisis data yang digunakan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (analisis data) dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian faktor yang melatar belakangi anak panti asuhan Muhammadiyah berprestasi. Disebabkan yaitu disebabkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal 1) memiliki kemampuan dalam belajar, 2) memiliki minat dan motivasi yang kuat dalam belajar, 3) memiliki cara belajar yang efektif. Dan faktor eksternal 1) peran pengasuh panti asuhan terhadap pendidikan anak asuh, 2) peraturan panti asuhan Muhammadiyah, 3) kelompok belajar dip anti asuhan, 4) sarana dan prasarana dip anti asuhan, 5) menjalin hubungan dengan lingkungan panti. Kata kunci: Panti Asuhan, Anak Berprestasi