Penggunaan penerapan pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question (LSQ) dalam meningkatkan pemahaman konsep sosiologi siswa SMA Negeri 5 Padang

Main Author: Linciana, Nelfa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9431/1/10070183%20LINCIANA%20NELFA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9431/2/ABSTRAK%20-%202020-07-22T154814.692.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9431/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-22T154841.647.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9431/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep sosiologi siswa yang masih rendah di SMA Negeri 5 dan siswa harus mampu mengkaitkan konsep-konsep yang didapatnya melalui materi pembelajaran dengan fenomena-fenomena sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penggunaan Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) dapat meningkatkan pemahaman konsep sosiologi siswa kelas X IIS SMA Negeri 5 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IIS SMA Negeri 5 Padang. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu mengambil dua kelas secara acak dari populasi, dimana kelas yang menjadi sampel X IIS 1 sebagai kelas kontrol dan X IIS 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan berbentuk objektif dengan reliabilitas tes adalah r11 = 1,00. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pemahaman konsep siswa kelas eksperimen (71,81) lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu (62,5). Pada taraf nyata (0,95)(53) didapat T tabel 1,68 sedangkan T hitung = 2,23 berarti T hitung T tabel dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat signifikan penggunaan pembelajaran LSQ (learning start with a question) terhadap peningkatan pemahaman konsep sosiologi kelas X SMAN 5 Padang. Secara keseluruhan penggunaan penerapan Learning Start With A Question dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA Negeri 5 Padang, karena dengan menggunakan Learning Start With A Question ini pemahaman siswa akan materi yang diajarkan menjadi meningkat dan siswa tidak akan malu- malu untuk bertanya mengenai materi yang tidak dimengerti.