Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pelajaran IPS. Rendahnya aktivitas belajar siswa terlihat dari siswa tidak serius dalam belajar, meribut saat guru menerangkan, tugas yang diberikan guru tidak dikerjakan dengan baik. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan model Active Learning tipe The Firing Line pada peningkatan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas VIIIC. Teori yang digunakan adalah teori behaviorisme menurut Ivan Pavlov Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini terdiri dari lima pengamatan, masing-masing pengamatan terdiri dari 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas VIIIC MTsS MTI Batang Kabung Padang yang berjumlah 34 orang siswa yang diamati guru dan peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase dengan rumus P = f/N x 100. Berdasarkan hasil penelitian model Active Learning tipe The Firing Line dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dalam proses tersebut adanya peningkatan pada siswa dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran IPS kelas VIIIC di MTsS MTI Batang Kabung Padang, aktivitas siswa menjadi meningkat jadi lebih baik, karena dalam pembelajaran siswa dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatam pembelajaran. Masing-masing pengamatan aktivitas belajar siswa meningkat karena kekompakan kelompok begitu terlihat pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan siswa termotivasi akan nilai serta siswa cendrung lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa menjadi baik dan baik sekali.