Pengembangan LKS (Lembar Kegiatan Siswa) Biologi Berbasis Discovery Learning Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Untuk Siswa SMP Kelas VII
Main Author: | Risha, Risovi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/940/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/940/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/940/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/940/4/13010098%20RISHA%20RISOVI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/940/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi LKS yang digunakan di SMP Negeri 13 Padang untuk tampilannya kurang menarik, kualitas kertas yang digunakan kurang baik dan masih menggunakan gambar berwarna hitam putih. Selain itu LKS yang digunakan tidak menampilkan indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Materi yang disajikan di dalam LKS yang beredar di pasaran belum menggunakan Kurikulum 2013 edisi terbaru. Salah satu materi yang dianggap sulit untuk dipahami siswa pada semester ganjil ialah Klasifikasi Makhluk Hidup. Karena pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup sangat banyak menggunakan bahasa latin dan membahas tata nama makhluk hidup secara sistematis, sehingga siswa sulit untuk memahami dan menemukan konsepnya sendiri dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada LKS adalah Discovery Learning. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKS berbasis Discovery Learning pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Tahap Disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini terdiri dari 5 orang validator yaitu 3 orang dosen dan 2 orang guru bidang studi IPA. Uji praktikalitas oleh 2 orang guru bidang studi IPA dan 62 orang siswa kelas VII. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validasi LKS Biologi Berbasis Discovery Learning oleh validator ditinjau dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan menunjukkan bahwa LKS Biologi Berbasis Discovery Learning pada kriteria sangat valid dengan nilai 84,21%. Hasil uji praktikalitas oleh guru ditinjau dari kemudahan dan penggunaan, efisien waktu dan manfaat menunjukkan LKS Biologi Berbasis Discovery Learning pada kriteria sangat praktis dengan nilai 83,67%. Dan hasil uji praktikalitas oleh siswa ditinjau dari kemudahan dan penggunaan, efisien waktu dan manfaat menunjukkan LKS Biologi Berbasis Discovery Learning pada aspek sangat praktis dengan nilai 82,54%. Berdasarkan analisis data validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS Biologi Berbasis Discovery Learning pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda untuk siswa SMP kelas VII sudah sangat valid dan sangat praktis.