Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang

Main Author: Teguh, Riwayatno
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/94/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/94/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/94/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/94/4/10050099%20TEGUH%20RIWAYATNO.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/94/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan siswa tidak mau bertanya pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Sampel penelitian adalah kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dan tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitasnya 0,858. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,22 dan ttabel = 1,681 dengan α = 0,05 karena thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang.