Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sawahlunto
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kerjasama siswa dalam belajar dan siswa kurang terlatih bertanya (mengeluarkan ide-ide yang mereka miliki) dan menjawab pertanyaan dari guru serta pemahaman konsep siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sawahlunto. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sawahlunto Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian tes akhir berbentuk esai. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel ݐ௧ ݐ ௧ ௧ ݐ௧ = 4,22 berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh dan = 1,68, karena lebih besar dari . Dengan demikian, ݐ ௧ ௧ hipotesis diterima yaitu pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sawahlunto.