Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah dan kurangnya kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 12 Padang Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitas tes r11 = 0,9. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji satu pihak. Berdasarkan analisis tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = ttabel dan = 68. Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional kelas SMPN 12 Padang.