Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX MTsN 6 Solok Selatan

Main Author: Respi, Novita Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9390/1/13050122%20RESPI%20MOVITA%20SARI%20ok%20flip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9390/2/ABSTRAK%20-%202020-08-07T142332.526.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9390/3/KESIMPULAN%20-%202020-08-07T142500.539.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9390/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas IX MTsN 6 Solok Selatan masih dibawah KKM dan siswa kurang terlatih bertanya (mengeluarkan pendapat atau ide-ide yang dimiliki) dan menjawab pertanyaan dari guru.Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal lebih baik dari pada hasil belajar matematik siswa dengan pendekatan scientific di kelas IX MTsN 6 Solok Selatan. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdaftar dikelas IX MTsN 6 Solok Selatan yang terdiri dari 2 kelas Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IX A dan sebagai kelas kontrol adalah kelas IX B. Insrumen penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essay dengan reliabilitas dan 0,444. Berarti soal tes dinyatakan reliabel karena teknik analisis data yang digunakan adalah uji satu pihak. = 0,840 = Analisis data dilakukan dengan uji t satu pihak.> Berdasarkan.hasil uji hipotesis diperoleh dan bahwa pemahaman konsep matematis siswa kelas IX MTsN 6 Solok Selatan dengan menerapkan teknik berkirim salam dan soal lebih baik dari pada hasil belajar matematika dengan menerapkan pendekatan scientific siswa kelas IX MTsN 6 Solok Selatan.