Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Matur masih dibawah KKM dan siswa kurang terlibat didalam pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran ROPES lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Matur. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Matur yang terdiri dari 2 kelas Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII 1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII 2. Insrumen penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essay, karena berarti soal tes dinyatakan reliabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran ROPES lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Matur.