Pengaruh Penerapan Stratembelajran aktif Tipe Trading Places Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Diana, Khoyimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9385/1/13050130%20DIANA%20KHOYIMAH%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9385/2/ABSTRAK1%20%2870%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9385/3/BAB%20V%20-%202020-08-07T141725.287.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9385/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-08-07T141744.783.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9385/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematis siswa kelas VIII masih rendah, hal ini terlihat dari hasil nilai ujian semester 2 matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Batang Anai Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematis siswa yang menggunakan strategi belajar aktif tipe Trading Places lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 4 Batng Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Random Terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Batang Anai tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan kelas eksperimen dan yang terambil kedua adalah kelas kontrol, sehingga terpilih kelas VIII. 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematis dalam bentuk esai Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh = 1,82 lebih besar dari = 1,68. Dengan demikian, hipotesis pada penelitian ini diterima yaitu hasil belajar matematis siswa yang menggunakan strategi belajar aktif tipe Trading Places lebih baik daripada hasil belajar matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan tingkat kepercayaan 95%.