Pengaruh Gaya Belajar Visual, Kesiapan Belajar, Konsep Diri Dan Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa IPS Kelas XI SMA N 8 Padang
Main Author: | Prima Della, Rachmita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/938/1/13090252%20Prima%20Della%20Rachmita%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/938/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/938/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/938/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/938/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar 2) pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar, 4) pengaruh adversity quotient terhadap prestasi belajar 5) pengaruh gaya belajar visual, kesiapan belajar, konsep diri dan adversity quotient secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa IPS kelas XI SMA N 8 Padang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Propotional Random Sampling yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 94. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama internal gaya belajar visual berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,208. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,783 > ttabel sebesar 1,98698. Artinya apabila gaya belajar visual meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan menin kat sebesar 0,208 dalam setiap satuannya. Kedua kesiapan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,658 Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,321 > ttabel 1,98698. Artinya, apabila prestasi belajar meningkat sebesar 1%, maka kesiapan belajar akan meningkat sebesar 0,658 dalam setiap satuannya. Ketiga konsep diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,222. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,684 > ttabel sebesar 1,98698. Artinya, apabila konsep diri meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,222 dalam setiap satuannya. Keempat adversity quotient koefisien sebesar 0,633. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 5,706 > ttabel sebesar 1,98698. Artinya, apabila adversity qoutient meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,633 dalam setiap satuannya. Kelima gaya belajar visual, kesiapan belajar, konsep diri adversity quotient secara bersama- mempengaruhi prestasi belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 75,225 > Ftabel 2,47 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa IPS kelas XI SMA N 8 Padang harus meningkatkan gaya belajar visual, kesiapan belajar, konsep diri, dan adversity quotient terhadap prestasi belajar.