Pengaruh Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP N 2 Batang Gasan
Main Author: | Ica, Purnama Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9378/1/11090022-ICA%20PURNAMA%20SARI-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9378/2/2%20ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9378/3/9%20BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9378/4/10%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9378/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa, 2) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, 4) Pengaruh disiplin belajar, fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII IPS SMPN 2 Batang Gasan, dengan berjumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan“proporsional random sampling”.Teknik analisis data: menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif.Uji Hipotesis dengan Uji T dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,015. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,449> ttabel 1,665,2) fasilitas belajar berpegaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,035. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung2,149> ttabel 1,665, 3) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,008. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung2,733> ttabel 1,665, 4) disiplin belajar, fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas, yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung6,194> Ftabel 3,11dan nilai signifikan 0,001>0,05. Artinya semakin baik disiplin belajar, fasilitas belajar, dan motivasi belajar maka hasil belajar siswa akan semakin baik.Besarnya pengaruh disiplin belajar, fasilitas belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa yaitu 19,60% dan sisanya 80,40% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada siswa untuk lebih meningkatkan disiplin belajarnya, sekolah lebih meningkatkan fasilitas belajarnya, siswa lebih meningkatkan motivasi belajarnya.