Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division(STAD) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bukit Sundi
Main Author: | Zulmaidawati, Zulmaidawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9377/2/12010139%20ZULMAIDAWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9377/1/ABSTRAK1%20%2869%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9377/3/KESIMPULAN%20-%202020-08-07T120432.872.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9377/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-08-07T120416.488.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9377/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang aktif dalam pembelajaran, kurangnya kerjasama antar siswa pada saat diskusi kelompok yang mengakibatkan siswa belum mampu berinteraksi belajar sesama siswa lain. Kondisi tersebut berdampak terhadap rendahnya hasil belajar biologi siswa pada materi jaringan tumbuhan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model yang sesuai dengan karakter siswa dan materi jaringan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi Jaringan Tumbuhan pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Bukit Sundi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group-Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Bukit Sundi yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dan didapatkan kelas XI MIPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA4 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Instrumen dalam penelitian ini yaitu ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Hasil analisis data pada ranah afektif kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 83,17 dengan predikat B dan kelas kontrol yaitu 62,67 dengan predikat C.Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,38 dengan predikat B dan kelas kontrol yaitu 65,92 dengan predikat C.Pada ranah psikomotor kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 82,53 dan kelas kontrol yaitu 73,43 dengan predikat kedua kelas sampel yaitu B.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotor kelas XI SMAN 1 Bukit Sundi.