Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Disertai LDS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Batang Anai Kab. Padang Pariaman
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP N 3 Batang Anai Kab. Padang Pariaman, Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran masih terpusat pada guru, penggunaan media kurang bervariasi. Sehingga akibatnya siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran, untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu cara yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievenment Division (STAD) disertai LDS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diserta LDS terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP N 3 Batang Anai Kab. Padang Pariaman pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP N 3 Batang Anai Padang Pariaman pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen VIII.6 dan kelas kontrol VIII.8 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian ranah afektif berupa lembar observasi sikap siswa selama proses pembelajaran. Penilaian ranah kognitif menggunakan soal yang diberikan melalui tes tertulis diakhir penelitian dengan bentuk objektif sebanyak 55 butir soal. Penilaian psikomotor dilihat dari penilaian produk. Analisis data hasil tes kelas sampel digunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata ranah afektif (penilaian sikap) kelas eksperimen 59,31 dan kelas kontrol 46,76. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel, yaitu thitung =3,34 dengan ttabel =1,68, dengan demikian maka hipotesis H1 diterima. Penilaian ranah kognitif kelas eksperimen 70,46 dan kelas kontrol 60,07. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel, yaitu thitung =2,11 dengan ttabel =1,97, dengan demikian maka hipotesis H1 diterima. Penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen 57,36 dan kelas kontrol 45,36. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel, yaitu thitung =2,61 dengan ttabel =1,68, dengan demikian maka hipotesis H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Batang Anai dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai LDS pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor.