Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM yang disebabkan, ketergantunggan siswa pada informasi guru dalam memahami materi pembelajaran membuat siswa tidak mampu memecahkan masalah secara mandiri sehingga rasa ingin tahu siswa menjadi rendah terhadap materi yang dipelajari. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan model pembelajaran Examples Non Examples, bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar biologi siswa XI SMA Negeri 2 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen XI IPA2 dan kelas kontrol XI IPA1 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control-Group Postest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian afektif adalah berupa lembar penilaian diri dan antar teman, penilaian kognitif berupa soal pilihan ganda dan penilaian psikomotor dari laporan diskusi siswa pada kelas eksperimen dan laporan pada kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil penilaian sikap (penilaian diri) kelas eksperimen 91,35 dan kelas kontrol 83,35. Hasil uji hipotesis H1 menunjukkan t hitung 3,20 dan t tabel1,68 maka t hitung > t tabel hipotesis diterima. Hasil nilai rata-rata penilaian diri antarteman siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 96,97 dan 75,26. Hasil uji hipotesis H1 menunjukkan t hitung 8,01dan t tabel1,68 maka t hitung > t tabel hipotesis diterima. Pada ranah kognitif nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu 79,55 dan kelas kontrol 62,72. Hasil uji hipotesis H1 didapat t hitung 18,99 dan t tabel1,68 maka t hitung > t tabel hipotesis diterima. Pada ranah psikomotor nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dan kontrol yaitu 88,38 dan 53,89. Hasil uji hipotesis H1 menunjukkan t hitung 22,26 dan t tabel1,68 maka t hitung > t tabel hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Solok Selatan materi struktur dan fungsi jaringan hewan tahun ajaran 2017/2018 pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor.