Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 26 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA di SMPN 26 Padang guru menjadi sumber belajar yang dominan dalam kelas, hanya beberapa orang siswa yang aktif mendengar dan menerima pembelajaran dari guru, karena siswa terfokus pada apa yang disampaikan oleh guru tanpa ada umpan balik dari siswa, seperti bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, siswa yang bertanya dan menjawab orangnya hanya itu-itu saja, siswa kurang termotivasi terhadap pembelajaran biologi. Selain itu, kurangnya interaksi antara siswa dengan siswa, antara siswa dengan guru. Hal ini, akan mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan rendahnya hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 26 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Instrumen penelitian pada ranah afektif berupa observasi sikap, ranah kognitif melalui tes akhir dan ranah psikomotor melalui produk berupa laporan hasil diskusi untuk kelas eksperimen dan resume untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil tes akhir, didapatkan nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen yaitu 74,43 dan kelas kontrol yaitu 66,27. Uji hipotesis didapatkan thitung = 2,48 dan ttabel = 1,67. Dengan demikian thitung > ttabel, maka hipotesis diterima. Nilai rata-rata ranah afektif kelas eksperimen yaitu 74,94 dan kelas kontrol yaitu 76,42. Nilai rata-rata ranah psikomotor pada kelas eksperimen yaitu 67,61 dan kelas kontrol yaitu 73,21. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation dapat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 26 Padang.