Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, siswa yang kurang aktif dalam belajar karena kurangnya minat dan motivasi siswa, siswa kurang aktif dalam berdiskusi, kurangnya kerjasama siswa dalam berdiskusi, serta pembagian kelompok yang belum heterogen atau berdasarkan kemampuan, Selain itu disekolah ini kurang tersedianya buku paket untuk siswa. sehingga interaksi antara guru dengan siswa serta siswa pada saat proses pembelajaran masih kurang. Permasalahan tersebut berdampak terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 04 Mukomuko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 04 Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XI SMAN 04 Mukomuko yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen XI MIA 2 dan kelas kontrol XI MIA 1 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian sikap adalah berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran, penilaian pengetahuan berupa soal objektif dan penilaian keterampilan dapat dilihat dari laporan hasil diskusi kelompok. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian didapat rata-rata hasil tes akhir pada sikap kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 82,63 dan kelas kontrol 77,53. Penilaian pengetahuan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 78,26 dan kelas kontrol 73,91. Penilaian keterampilan kelas eksperimen memperoleh rata-rata 91,80 dan kelas kontrol 79,86. Dari penilitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation (GI) disertai handout dapat berpengaruh baik terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 04 Mukomuko pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilaan.