Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pai Share (TPS) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang, disebabkan dalam pembelajaran guru terbiasa menggunakan metode ceramah dan guru hanya memanfaatkan media disekolah saja seperti papan tulis dan buku. Mengakibatkan siswa kurang aktig falam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperati Tipe Think Pair Share (TPS) disertai media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Thik Pair Share (TPS) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen VIII 1 dan kelas kontrol VIII 2 yang diambil dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian ranah sikap berupa lembar observasi sikap siswa selama proses pembelajaran. Penilaian ranah pengetahuan menggunakan soal yang diberikan melalui tes tertulis diakhir penelitian dengan bentuk pilihan ganda sebanyak 44 butir soal. Penilaian psikomotor dilihat dari laporan hasil diskusi. Analisis data hasil tes kelas sampel digunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil penilaian ranah sikap kelas eksperimen 74,3 dan kelas kontrol 67,47. Hasil uji t didapatkan thitung > ttabel, yaitu thitung =3,48 dengan ttabel =1,67, dengan demikian maka hipotesis H1 diterima. Penilaian ranah pengetahuan kelas eksperimen 74,21 dan kelas kontrol 54,27. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel, yaitu thitung =5,43 dengan ttabel =1,68, dengan demikian maka hipotesis H1 diterima. Penilaian ranah pengetahuan kelas eksperimen 91,11 dan kelas kontrol 81,85. Hasil uji t didapatkan thitung>ttabel, yaitu thitung =4,02 dengan ttabel =1,68, dengan demikian maka hipotesis H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.