Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Di SMPN 18 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya yaitu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, proses diskusi yang dilakukan tidak berjalan dengan baik, kurangnya minat siswa dalam menyampaikan pendapatnya dan bertanya tentang materi yang tidak dipahaminya. Masalah ini berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 18 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media Power Point terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, dengan rancangan penelitian Randommized Control Group-Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 18 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 48 butir soal. Ranah afektif menggunakan lembar observasi sikap dan ranah psikomotor menggunakan penilaian produk. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05) dan (α=0,01). Hasil didapatkan nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen adalah 78,77 dan kelas kontrol 57,09. Hasil uji hipotesis diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 6,33 > 1,67, berarti hipotesis ranah kognitif diterima. Pada ranah afektif eksperimen adalah 78,92 dan kelas kontrol 73,84. Hasil uji hipotesis diperoleh Thitung < Ttabel yaitu 1,10 < 1,67, berarti hipotesis ranah afektif ditolak. Sedangkan pada ranah psikomotor eksperimen adalah 82,11 dan kelas kontrol 82,27. Hasil uji hipotesis diperoleh Thitung < Ttabel yaitu 0,07 < 1,67, berarti hipotesis ranah psikomotor ditolak. sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah kognitif dan tidak dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah afektif dan ranah psikomotor siswa kelas VIII di SMPN 18 Padang.