Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 6 Padang
Main Author: | Meri, Aryta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/936/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/936/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/936/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/936/4/12010111%20MERI%20RYTA%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/936/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar biologi siswa SMAN 6 Padang, yaitu nilai rata-rata ulangan harian Biologi siswa pada materi keanekaragaman hayati. Disebabkan oleh beberapa faktor yaitu siswa kurang termotivasi dalam belajar biologi, kurangnya kerja sama dan tanggung jawab siswa saat diskusi berlangsung,kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran.Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media power point terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 6 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sehingga terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X MIPA 3 dan kelas kontrol adalah kelas X MIPA 4. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir, Analisis data dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan analisis data pada ,ranah efektif didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 83,12 dan siswa kelas kontrol 78,29. Analisis data yang dilakukan dengan uji t didapatkan thitung 3,19 dan ttabel 1,67, H1 diterima. Untuk ranah kognitif kelas eksperimen 81,84 dan kelas kontrol 66,46. Analisis data yang dilakukan dengan uji t didapatkan thitung 2,09 dan ttabel 1,67, artinya H0 ditolak dan H1 diterima .pada ranah psikomotor didapatkan kelas eksperimen rata- rata 81,89 dan kelas kontrol rata-rata 70,70. Analisis data yang dilakukan dengan uji t didapatkan thitung 5,04 dan ttabel 1,67, H1 diterima. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor siswa kelas X SMAN 6 Padang.