“Pengaruh Sikap Belajar Siswa, Kemampuan Mengajar Guru, Kesiapan belajar, dan Iklim kelas Terhadap Keaktifan Belajar Siswa IPS Terpadu Kelas VII SMPN 12 Padang”
Main Author: | Mulya, Hartati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/934/1/13090270%20MULYA%20HARTATI%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/934/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/934/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/934/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/934/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh sikap belajar siswa terhadap iklim kelas. 2) pengaruh kemampuan mengajar guru terhadap iklim kelas. 3) pengaruh kesiapan belajar terhadap iklim kelas. 4) pengaruh sikap belajar siswa terhadap keaktifan belajar. 5) pengaruh kemampuan mengajar guru terhadap keaktifan belajar. 6) pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan belajar. 7) pengaruh iklim kelas terhadap keaktifan belajar. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan April 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 12 Padang dengan teknik pengambilan sampel berupa proporsional random sampling yang berjumlah 158 siswa. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan induktif dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama sikap belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap iklim kelas dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,391 dan thitung 4,327 > ttabel 1,97. Kedua kemampuan mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap iklim kelas dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,292 dan thitung 2,771 > ttabel 1,97. Ketiga kesiapan belajar berpengaruh signifikan terhadap iklim kelas dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,206 dan thitung 3,087 > ttabel 1,97. Keempat sikap belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,172 dan thitung 2,356 > ttabel 1,97. Kelima kemampuan mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,192 dan thitung 2,330 > ttabel 1,97. Keenam kesiapan belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,293 dan thitung 5,579 > ttabel 1,97. Ketujuh iklim kelas berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,359 dan thitung 5,846 > ttabel 1,97. Berdasarkan hasil penelitian disarankan, (1) diharapkan kepada siswa siswi SMPN 12 Padang harus mempunyai sikap yang baik dalam belajar sehingga siswa lebih siap dalam proses belajar setiap saat. (2) diharapkan kepada guru mata pelajaran IPS Terpadu harus lebih banyak melakukan variasi-variasi gaya mengajar agar siswa tidak bosan dan kondisi kelas tetap terjaga. (3) diharapkan kepada siswa harus siap bukan hanya fisik saja, tetapi juga materi yang ingin disampaikan oleh guru harus dipelajari terlebih dahulu, agar dapat ikut berpartisipasi dalam menanggapi pelajaran yang diberikan oleh guru. (4) diharapkan kepada guru agar dapat menciptakan proses pembelajaran yang konduksif. Dengan iklim kelas yang kondusif maka akan meningkatkan keaktifan belajar.