Pengaruh Penerapan Model Quick On The Draw (Kecepatan Dalam Tim) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IS SMA N 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Rita, Wati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9329/1/10020025%20RITA%20WATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9329/2/ABSTRAK%20-%202020-07-22T135902.515.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9329/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-22T135951.180.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9329/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-22T135927.733.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9329/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran Sejarah masih berpusat pada guru, siswa hanya mendengarkan dari guru dan kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Selain itu kurang adanya variasi dalam menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan agar dapat menarik perhatian siswa untuk belajar dan dapat mengaktifkan siswa dalam belajar. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar sejarah siswa kelas XI IS SMA N 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2014-2015. Salah satu strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah penerapan Model Quick On The Draw(Kecepatan Dalam Tim). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar Sejarah siswa dengan penerapan Model Quick On The Draw(Kecepatan Dalam Tim) lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran ceramah dalam pembelajran sejarah siswa kelas XI IS SMA N 1 Pancung Soal Kabupaen Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, penelitian dilakukan di SMA N 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan, 10 September 2014 Semester ganjil tahun ajaran 2014-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA N 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan yang terdapat pada semester satu tahun ajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Sampling sehingga diperoleh kelas XI IS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol XI IS 1 sebagai kelas konrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar XI IS siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu 8,9 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 7,6. Uji hipotesis jadi 2,76 sedangkan 1,67 > . Sehingga H0 di tolak H1 diterima ini berarti hipotesis di terima. Hal ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan metode pembelajaran Model Quick On The Draw(Kecepatan Dalam Tim) dengan metode pembelajaran ceramah dalam mata pelajran sejarah siswa kelas XI IS SMA N 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 8,9 lebih tinggi dari hasil belajar sejarah siswa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 7,6. Penerapan strategi ini akan membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman dan memberi wawasan baru terhadap materi pembelajaran Model Quick On The Draw (Kecepatan Dalam Tim) dalam proses pembelajaran dalam meninggkatkan hasil belajar.