Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum efisien dalam menggunakan metode pembelajaran dalam proses belajar, ada siswa yang kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru dan banyak siswa yang kurang memahami dalam menginterpretasikan fakta pada mata pelajaran sejarah. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada pengaruh penerapan strategi pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle terhadap hasil belajar IPS (Terpadu) Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana data yang diperoleh melalui eksperimen langsung pada siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan desain Control group pretest and posttest design, sehingga di peroleh kelas eksperimen yaitu VIII 2 dan kelas control VIII 5. Berdasar hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar sejarah rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari dari kelas control. Hal ini terlihat dari perbedaan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 85,97 dan nilai posttes kelas control sebesar 77,09 dengan uji hipotesis thitung adalah adalah 2,81 sedangkan Ltabel 1,67 dari analisis hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Crossword Puzzle berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS Sejarah Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerepan strategi pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang.