Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah guru yang menggunakan metode ceramah dan membuat siswa menjadi bosan. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada kelas VIII3 dan VIII5 yang mendapat nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS di SMP N4 Sutera Kabupaten Pessisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian studi evaluasi dengan analisis kualitatif dengan lokasi penelitian Di SMP N 4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Adapun informan dalam penelitian ini meliputi guru-guru IPS yang mengajar di kelas VIII berjumlah 2 orang dan siswa 8 orang melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Keakuratan data diuji dengan menggunakan triangulasi data, dari data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor-faktor penyebab rendah hasil belajar seperti: (1). Kesehatan siswa sangat berpengaruh dalam kehadiran di sekolah. (2). Sikap siswa terhadap belajar masih sangat kurang terhadap pelajaran. (3). Motivasi siswa dalam pelajaran IPS tidak ada karena siswa malas untuk mengikuti pelajaran berlansung. (4). Konsentrasi sering terganggu karenasiswa masih sering berbicara dengan teman sebangku saat belajar berlangsung. (5). Minat siswa masih kurang dalam belajar. (6). Perhatian siswa dalam kelas karena metode yang guru pakai adalah ceramah membuat siswa menjadi bosan dikelas. (7). Kematangan dan kesiapan siwsa tidak ada pada saat pelajaran berlansung. (8). Kebiasaan siswa untuk belajar masih belum teratur. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII3 danVIII5 dalam pembelajaran IPS di SMP N4 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan karena siswa masih kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru dan disebabkan oleh faktor-faktor yang penyebab rendah nya hasil belaja