Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1 pengaruh pendapatan orang tua terhadap hasil belajar ekonomi, 2 pengaruh pendidikan orang tua terhadap hasil belajar ekonomi, 3 pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar ekonomi, 4 pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi, 5 pengaruh pendapatan orang tua, pengaruh pendidikan orang tua, pengaruh efikasi diri dan pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2018. Populasi penelitian ini adalah murid Siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Talamau kabupaten Pasaman Barat, Sampel dalam penelitian sebanyak 65 orang. Teknik penarikan sampelnya yaitu total sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMAN 1 Talamau. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien sebesar 3,751 Dengan nilai thitung 2,929 ≥ ttabel sebesar 1,9996 dengan taraf signifikan sebesar 0,005 ≤ 0,05. Kedua Pendidikan orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII SMAN 1 Talamau. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien secara keseluruhan sebesar 0,243 Dengan nilai thitung 2,946 ≥ ttabel sebesar 1,9996 dengan taraf signifikan sebesar 0,005 ≤ 0,05. Ketiga Efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII SMAN 1 Talamau. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien secara keseluruhan sebesar 0,285 Dengan nilai thitung 4,765 ≥ ttabel sebesar 1,9996 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05. Keempat Lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII SMAN 1 Talamau. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien secara keseluruhan sebesar 0,233 Dengan nilai thitung 4,705 ≥ ttabel sebesar 1,9996 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05. Kelima Pendapatan Orang Tua, Pendidikan Orang Tua, Efikasi Diri, Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII SMAN 1 Talamau. Hal ini dapat dilihat pada Tabel F yang menyatakan bahwa nilai Fhitung 16,302 > Ftabel 2,52 dan nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.