Pengaruh Penerapan Model CTL (contextual teaching and learning) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS2 di SMAN 5 Solok Selatan
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampu memahami pelajaran sejarah dengan baik, ketika guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran sejarah yang baru diterangkan, siswa kurang mampu menjawabnya. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini difokuskan pada pengaruh penerapan model CTL (contextual teaching and learning) terhadap hasil belajar mata pelajaran sejarah kelas XI IPS2 di SMAN 5 Solok Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model CTL (contextual teaching and learning) terhadap hasil belajar mata pelajaran sejarah kelas XI IPS2 di SMAN 5 Solok Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 5 Solok Selatan yang berjumlah 2 lokal Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol dan Kelas XI IPS2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model CTL (contextual teaching and learning) terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kelas XI IPS2 di SMAN 5 Solok Selatan. Hal ini dibuktikan bahwa siswa yang diajar dengan penerapan model CTL (contextual teaching and learning). memperoleh rata-rata post test sebesar 78,06 dan siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata post test sebesar 70,90 dan thitung sebesar 4,56 dengan taraf signifikan (α) 0,05 lebih besar dari ttabel sebesar 1,677. Dari analisa hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL (contextual teaching and learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS2 di SMAN 5 Solok Selatan.