Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pelajran IPS Terpadu di SMP N 10 Padang
Main Author: | Ance, Efrida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Lainnya Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9288/2/09020122%20ANCE%20EFRIDA.PDF http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9288/1/ABSTRAK%20-%202020-07-22T105038.279.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9288/3/BAB%20V%20-%202020-07-22T105105.422.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9288/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-22T105123.261.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9288/ |
Daftar Isi:
- Hasil dari observasi yang peneliti lakukan dalam pembelajaran IPS di SMP N 10 Padang, ternyata pembelajaran IPS disekolah ini masih belum efektif, hal ini terlihat dari hasil belajar IPS siswa kelas VIII di sekolah ini masih tergolong rendah. Beberapa penyebab rendahnya hasil belajar siswa di tinjau dari cara belajar yang di lakukan siswa, di ketahui ada beberapa hal penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Di antaranya adalah kurangnya motivasi siswa untuk belajar, di mana saat guru menerangkan pelajaran sebagian besar siswa tidak memperhatikan dengan serius dan hanya mencatat, tetapi tidak memahami isi materi pelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisispengaruh model pembelajaran kooperatif tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian eksperimen merupakan penelitian yang mengadakan perlakuan (manipulasi) terhadap variabel penelitian (variabel bebas), kemudian mengamati konsekuensi perlakuan tersebut terhadap objek penelitian. populasi penelitian adalah siswa kelas VIII IPS SMP N 10 Padang yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang di gunakan adalah kelas VIII F dengan jumlah siswa 31 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII G dengan jumlah 32 orang sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar. Data yang di peroleh dianalisis denggan menggunakan perhitungan uji t atau uji dua rata-rata. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan penggunaan pembelajaran kooperatif tutor sebaya dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS terpadu pada kelas yang berbeda, yakni kelas VIII G (pembelajaran kooperatif tutor sebaya atau kelas eksperimen) dan kelas VIII F (pembelajaran konvensional atau kelas kontrol) didapat rata-rata belajar siswa kelas eksperimen 77,09 sedangkan kelas kontrol 69,45. Perhitungan uji t menunjukan bahwathitungmemiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan ttabelmaka hipotesis nol ditolak sedangkan hipotesis alternatif diterima. Hal ini membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 10 Padang.