Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan belajar dan kreativitas guru terhadap hasil belajar kelas X pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober di SMAN 12 Sijunjung yang beralamat di Jln Raya Lubuk Tarok Latang KM 1, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total sampling dengan jumlah sampel 96 orang. Lingkungan belajar dan kreativitas guru diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner atau angket yang telah diujicobakan terlebih dahulu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis induktif yang terdiri dari uji kelayakan model, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 12 Sijunjung, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien 0,694 nilai koefisien signifikan karena nilai thitung sebesar 15,212 > ttabel sebesar 1,66140 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Kedua: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 12 Sijunjung, ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,139 nilai koefisien signifikan karna nilai thitung sebesar 2,123 > ttabel sebesar 1,66140 dengan nilai signifikan 0,036 < α = 0,05. Ketiga: Terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama antara lingkungan belajar dan kreativitas guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X di SMAN 12 Sijunjung. Dimana diperoleh Fhitung sebesar 149,487 > Ftabel sebesar 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru agar dapat meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran, hal ini dapat dilakukan dengan cara agar selalu memperhatikan kreativitas belajar di dalam kelas dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa berminat dan tertarik dalam belajar serta disarankan kepada orangtua agar dapat membimbing dan mengarahkan ananknya dan juga harus mengetahui, melihat dan memantau lingkungan belajar sekitar anaknya dengan demikian orang tua bisa menegetahui apa saja yang diperlukan anak dalam belajar dari segi apapun, dengan demikian anak akan termotivasi dan lebih bersemanagat dalam belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Lingkungan Belajar, Kreativtas Guru