Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Sikoci Bank Nagari Cabang Utama Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kepercayaan atas komitmen, komunikasi, dan penyelesaian masalah terhadap loyalitas nasabah tabungan sikoci bank nagari cabang utama padang, 2) pengaruh komitmen atas kepercayaan, komunikasi, dan penyelesaian masalah terhadap loyalitas nasabah tabungan sikoci bank nagari cabang utama padang , 3) pengaruh komunikasi atas kepercayaan, komitmen, dan penyelesaian masalah terhadap loyalitas nasabah tabungan sikoci bank nagari cabang utama padang, 4) pengaruh penyelesaian masalah atas kepercayaan, komitmen, dan komunikasi terhadap loyalitas bank nagari cabang utama padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini nasabah tabungan sikoci di bank nagari nagari cabang utama padang. Teknik pengambilan sampel dengan Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan sikoci bank nagari cabang utama padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,340. Nilai koefisien ini signifikan karena thitung 5,999 > ttabel1,66080 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 2) Komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan sikoci bank nagari cabang utama padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,300. Nilai koefisien ini signifikan karena thitung 4,841 > ttabel1,66080 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 3) Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan sikoci bank nagari cabang utama padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,148. Nilai koefisien ini signifikan karena thitung 2,024 > ttabel1,66080 dengan nilai signifikan 0,046 < 0,05. 4) Penyelesaian masalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah bank nagari cabang utama padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,232. Nilai koefisien ini signifikan karena thitung sebesar 3,073> ttabel sebesar 1,66080 dengan nilai signifikan 0,003< 0,05. 5) Kepercayaan , komitmen, komunikasi dan penyelesaian masalah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan sikoci bank nagari cabang utama padang. Dimana diperoleh nilai Fhitung 302.473 > Ftabel 2,46 nilai signifikan 0,000 <0,05. 6) Besarnya pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penyelesaiaan masalah terhadap loyalitas adalah sebesar 82,16% dan sedangkan sisa nay sebesar 17,84% di pengaruhi oleh variabel lain.