Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas Viii Di Smpn 35 Padang
Daftar Isi:
- Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Pengaruh fasilitas belajar dan waktu belajarterhadap hasil belajar IPS kelas VIII di SMPN 35 Padang. Adapun variabel penelitian ini adalah fasilitas belajar dan waktu belajar(sebagai variabel bebas) dan hasil belajar(sebagai variabel terikat).Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, pengaruhadalah fasilitas belajar dan waktu belajar secaraparsial dan secara bersama-sama terhadap hasil belaajr siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif, penelitian deskriptif merupakan salah satu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa atau variabel-variabel dalam penelitian, dengan pendekatan korelasional dan metode yang digunakan metode kuantitatif. Tempat penelitian di SMPN 35 Padang. Adapun yang menjadi responden pada penelitian ini sebanyak 131 siswa dan jumlah sampel yang diambil adalah 99 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS di SMPN 35 Padang ditunujukan nilai koefesien sebesar 0,261. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,469 > ttabel sebesar 1,6603 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Artinya apabila fasilitas belajar naik satu persen, maka hasil belajar IPS akan naik sebesar 0,261. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara waktu belajar dengan hasil belajar IPS di SMPN 35 Padang ditunjukan nilai koefisien sebesar 0,982. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,830 > ttabel sebesar 1,6603 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Artinya apabila waktu belajar naik satu persen, maka hasil belajar IPS akan naik sebesar 0,982. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan waktu belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 35 Padang. Dimana Fhitung 112,453> Ftabel 3,09dan nilai nifikaan 0,000 < α = 0,05. Artinya fasilitas belajar dan waktu belajar mampu mempengaruhi varian hasil belajar sebesar 75,3% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain.