Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Perabot Di Plaza Mebel Sentral Jepara Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen (2) pengaruh periklanan terhadap keputusan pembelian konsumen (3) pengaruh penjualan Secara pribadi terhadap keputusan pembelian konsumen (4) pengaruh hubungan masyarakat terhadap keputusan pembelian konsumen (5) pengaruh pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian konsumen (6) pengaruh promosi penjualan, periklanan, penjualan secara pribadi, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen. Penelitian ini termasuk deskriptif asosiatif, Populasi adalah seluruh konsumen yang mengambil keputusan dalam pembelian produk di Plaza Mebel Sentral Jepara Padang. Sedanglan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehinggga diperoleh sebanyak 120 sampel. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Promosi Penjualan berpengaruh signifikan Terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai koefisien sebesar 0,669. nilai koefisien signifikan sebesar thitung (2.103) > ttabel (1.658) dan sig sebesar 0,038 < 0,05 Artinya, semakin tinggi kualitas promosi penjualan maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian.(2) Periklanan berpengaruh signifikan Terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai koefisien sebesar 0,623. nilai koefisienn signifikan sebesar thitung (3.578) > ttabel 1.658) dan sig sebesar 0,001 < 0,05 Artinya, semakin tinggi periklanan maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian (3) Penjualan secara pribadi berpengaruh signifikan Terhadap Keputusan pembelian dengan nilai koefisien sebesar 0,732. Nilai koefisien signifikan sebesar thitung (3.408) > ttabel (1.658) dan sig sebesar 0,001 < 0,05 Artinya, semakin tinggi penjualan secara pribadi maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian. (4) Hubungan masyarakat berpengaruh signifikan Terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai koefisien sebesar 0,748. Nilai koefisien signisikan sebesar thitung 2.010 > ttabel (1.658) dan sig sebesar 0,047 < 0,05 Artinya, semakin tinggi hubungan masyarakat maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian (5) Pemasaran langsung berpengaruh signifikan Terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai koefisien sebesar 1,962. Nnilai koefisienn signnifikan sebesar thitung (5.233) > ttabel (1.658) sig sebesar dan 0,000 < 0,05 Artinya, semakin tinggi kualitas produk maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian (6) Promosi penjualan, periklanan, penjualan secara pribadi, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, secara bersama-sama berpengaruh signifikan Terhadap Keputusan Pembelian Artinya, semakin tinggi secara bersama-sama maka semakin tinggi tingkat keputusan berbelanja (nilai sig sebesar 0,000 hal ini < a = 0,05 nilai F hitung 140.55. > F tabel 2.305). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara promosi penjualan, Periklanan, Penjualan secara Pribadi, Hubungan Masyarakat, dan Pemasaran Langsung terhadap keputusan konsumen pada Mebel Sentral Jepara. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti topik yang sama, disarankan untuk memperhatikan variabel-variabel lain yang diduga turut berperan dan mempengaruhi keputusan pembelian. Kata Kunci : Bauran Promosi dan Keputusan Pembelian