Pengaruh penerapan experiential marketing terhadap loyalitas konsumen toyota (Studi kasus konsumen Toyota Yaris pada Dealer Auto 2000 Bypass Padang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan experiential marketing (sense, feel, think, act,dan relate) terhadap loyalitas konsumen toyota yaris pada dealer Auto 2000 Bypass Padang secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen toyota yaris pada dealer auto 2000 bypass padang berjumlah 66 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 66 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif yaitu uji likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R Squere) dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Toyota Yaris pada dealer Auto 2000 Bypass Padang yaitu variabel sense (thitung sebesar 1,794 > ttabel sebesar 1,66827 dengan nilai signifikan 0,078 < α = 0,1), variabel feel (thitung sebesar 2,514 > ttabel sebesar 1,66827 dengan nilai signifikan 0,015< α = 0,1), variabel think (thitung sebesar 5,205 > ttabel sebesar 1,66827dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,1). Selanjutnya terdapat dua variabel yang tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen toyota yaris pada dealer Auto 2000 Bypass Padang yaitu variabel act (thitung sebesar 1,274 < ttabel sebesar 1,66827 dengan nilai signifikan 0,207 > α = 0,1) dan variabel relate (thitung sebesar 0,716 < ttabel sebesar 1,66827 dengan nilai signifikan 0,477 > α = 0,1). Secara simultan variabel sense, feel, think, act, relate berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Toyota Yaris Auto 2000 Bypass Padang. Dimana nilai Fhitung sebesar 30,519 > Ftabel sebesar 1,94 dan signifikan 0,000 < α = 0,1. Berhubungan dengan experiential marketing yang telah diterapkan, maka perusahaan harus lebih meningkatkan pelayanan dan memberikan perhatian khusus terhadap kebutuhan konsumen agar dapat meningkatkan loyalitas dari konsumen tersebut. Kata kunci : Loyalitas Konsumen, Experiential Marketing