Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ramah Lingkungan (Green Cosmetics Product) Sari Ayu Martha Tilaar (Studi Pada Konsumen Kosmetik Sari Ayu Martha Tilaar di Toko Mini)

Main Author: Widia, Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9218/1/10090056%20WIDIA%20SARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9218/2/ABSTRAK%20-%202020-07-21T112103.256.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9218/3/BAB%20V%20-%202020-07-21T112129.532.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9218/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-21T112150.957.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9218/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap keputusan produk kosmetik ramah lingkungan (Green Cosmetic Product) Sriayu Martha Tilaar di Toko Mini, 2) Pengaruh Sikap Konsumen terhadap keputusan produk kosmetik ramah lingkungan (Green Cosmetic Product) Sriayu Martha Tilaar di Toko Mini, dan 3) Pengaruh Persepsi Konsumen dan Sikap Konsumen terhadap keputusan produk kosmetik ramah lingkungan (Green Cosmetic Product) Sriayu Martha Tilaar di Toko Mini. Jenis penelitian adalah Deskriptif Asosiatif. Populasi penelitian ini adalah Konsumen yang menggunakan produk kosmetik Sariayu Martha Tilaar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proposive Sampling, yang berjumlah 130 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Variabel persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk kosmetik ramah lingkungan Sari Ayu Martha Tilaar di Toko Mini. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien sebesar 1,718 dan nilai thitung (29,197) > ttabel (1,65685). Artinya apabila persepsi ditingkatkan sebesar satu- satuan maka keputusan pembelian konsumen dalam pembelian produk kosmetik ramah lingkungan Sari Ayu Martha Tilaar di Toko Mini akan meningkat sebesar 1,718 satuan. 2) Variabel sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk kosmetik ramah lingkungan Sari Ayu Martha Tilaar di Toko Mini. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien sebesar 0,121 dan nilai thitung (2,326) > ttabel (1,65685). Artinya apabila sikap ditingkatkan sebesar satu-satuan maka keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk kosmetik ramah lingkungan Sari Ayu Marthaa Tilaar di Toko Mini akan meningkat sebesar 0, 121 satuan. 3)Variabel persepsi dan sikap mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk kosmetik ramah lingkungan Sari Ayu Martha Tilaar di Toko Mini dengan nilai fhitung (428,884) > ftabel (3,07) dan sig (0.000) < Alpha (0.05). Persentase pengaruh variabel persepsi dan sikap terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk kosmetik ramah lingkungan Sari Ayu Martha Tilaar di Toko Mini yaitu sebesar 87,1% sedangkan sisanya 12,9% disebabkan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Pada variabel sikap konsumen sebaiknya perusahaan memberikan penjelasan yang lebih kompleks mengenai kejelasan fungsi dari produk tersebut sehingga terlihat dari keunggulan pembelian produk kosmetik ramah lingkungan Sari Ayu Martha Tilaar dengan produk kosmetik yang lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah indikator evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian agar perusahaan dalam menghasilkan suatu produk diharap meningkatkan kandungan vitamin yang terdapat dalam produk sehingga produk tersebut dapat bertahan dipangsa pasar dan tetap menjadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi bagi konsumen.