Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru, Bimbingan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK Negeri 5 Padang

Main Author: Welly, Mawali
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9216/1/10090222%20WELLY%20MAWALI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9216/2/ABSTRAK1%20%2814%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9216/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-21T111625.670.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9216/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-21T111606.986.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9216/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru, bimbingan orang tua dan minat belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Negeri 5 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2014 di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII SMK Negeri 5 Padang berjumlah 140 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 104 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif yang terdiri dari uji kelayakan model, uji prasyarat analisis regresi linear berganda, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: Persepsi siswa tentang gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran kewirausahaan SMKN 5 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,770 nilai koefisien signifikan karena thitung sebesar 5,661 > ttabel sebesar 1,983. Kedua: Bimbingan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Negeri 5 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,636 nilai koefisien signifikan karena thitung sebesar 5,152 > ttabel sebesar 1,983. Ketiga: Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Negeri 5 Padang, yang ditunjukkan oleh nilai koefisiennya sebesar 0,177 nilai koefisien signifikan karena thitung sebesar 2,192 > ttabel sebesar 1,983. Keempat: Persepsi siswa tentang gaya mengajar guru, bimbingan orang tua dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Negeri 5 Padang. Dimana diperoleh Fhitung sebesar 146,261 > Ftabel sebesar 3,09. (α = 0,05) Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru agar meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, ini dapat dilakukan dengan cara memperhatikan dan meningkatkan gaya mengajar guru dalam proses pembelajaran sehingga siswa aktif dan semangat dalam belajar serta disarankan juga kepada orang tua supaya lebih memperhatikan dan membimbing anaknya dalam belajar, supaya anak lebih semangat dan termotivasi untuk belajar. Serta didukung dengan adanya minat maka motivasi siswa akan bertambah dan memperoleh hasil yang baik.