Pengaruh Disiplin Kerja Guru, Pengelolaan Proses Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smp N 8 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Padangmengenai pengaruh disiplin kerja guru dan pengelolaan proses belajar mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIIImatapelajaran IPS di SMP Negeri 8 Padang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin kerja guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Padang. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengelolaan proses belajar mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Padang. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin kerja guru dan pengelolaan proses belajar mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin kerja guru terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 8 Padang ditunjukan nilai koefisien sebesar 0,359. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,955> ttabel sebesar 1,6603dengan nilai sig < α (0,000 < 0,05).Artinya apabila Disiplin Kerja Guru naik satu persen maka Prestasi Belajar IPS akan naik sebesar 0,359. 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengelolaan proses belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 8 Padang ditunjukan nilai koefisien sebesar 0,191. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,754> ttabel sebesar 1,6603dengan nilai sig < α (0,000 < 0,05). Artinya apabila Pengelolaan Proses Belajar naik satu persen maka Prestasi Belajar IPS akan naik sebesar 0,191. 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS siswakelas VIII SMPN 8 Padang ditunjukan nilai koefisien sebesar 0,206. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 6,434> ttabel sebesar 1,6603dengan nilai sig < α (0,000 < 0,05). Artinya apabila Motivasi Belajar naik satu persen maka Prestasi Belajar IPS akan naik sebesar 0,206. 4) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin kerja guru, pengelolaan proses belajar dan motivasi belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS kelas VIII di SMPN 8 Padang. Dimananilai Fhitung112,822> Ftabel 2,67nilai sig < α (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, meningkatkan prestasi belajar siswadapat diupayakan dengan meningkatkan indikator dari variabel disiplin kerja guru, pengelolaan proses belajar dan motivasi belajar tersebut.