Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Terhadap Sepeda Motor Merek Honda Di Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat (Studi Kasus CV. Mina SPN Motor)
Main Author: | Rodiah, Rodiah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9197/1/10090075%20RODIAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9197/2/ABSTRAK%20-%202020-07-21T094115.278.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9197/3/BAB%20V%20-%202020-07-21T094155.254.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9197/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-21T094228.931.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9197/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh harga terhadap permintaan konsumen. 2) Pengaruh pendapatan terhadap permintaan konsumen. 3) pengaruh selera konsumen terhadap permintaan konsumen. Jenis penelitian adalah Deskriptif Asosiatif. Populasi penelitian adalah semua konsumen yang membeli sepeda motor merek honda CV. Mina SPN Motor Ujung Gading Pasaman Barat. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling yang berjumlah 60 orang. Data dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan pertanyaan terbuka dan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa 1) Variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan konsumen dalam membeli sepeda motor merek honda pada CV. Mina SPN Motor Ujung Gading Pasaman Barat yang ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel (-3,242 < 1.67065) dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,074. 2) Variabel pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen dalam membeli sepeda motor merek honda pada CV. Mina SPN Motor Ujung Gading Pasaman Barat yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (3.474 > 1.67065) dengan nilai koefien regresi sebesar 0,348. 3) Variabel selera berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen dalam membeli sepeda motor merek honda pada CV. Mina SPN Motor Ujung Gading Pasaman Barat yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (11,062 > 1.67065) dengan nilai koefien regresi sebesar 0,098. 4) Variabel harga, pendapatan dan selera konsumen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen dalam membeli sepeda motor merek honda pada CV. Mina SPN Motor Ujung Gading Pasaman Barat yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (47.215 > 2.76) jadi besarnya pengaruh harga, pendapatan dan selera konsumen terhadap permintaan konsumen yaitu sebesar: 71% dan sisanya 29% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. maka berdasarkan hal tersebut peneliti menyarankan perusahaan bisa menyeimbangi harga sesuai dengan pendapatan konsumen dan mengeluarkan produk sesuai dengan selera konsumen atau keinginan konsumen sehingga konsumen merasakan kepuasan tersendiri disaat menggunakan produk tersebut.