Pengaruh Persepsi Siswa tentang Sikap dan Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 13 Padang
Main Author: | Rin, Riani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9192/2/10090128%20RIN%20RIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9192/1/ABSTRAK%20-%202020-07-20T105023.038.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9192/3/BAB%20V%20-%202020-07-20T105114.624.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9192/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-20T105220.712.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9192/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang sikap guru dan kemampuan komunikasi guru secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPS di SMA Negeri 13 Padang Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 112 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 88 orang siswa. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif yaitu uji kelayakan model, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R Sguare) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi siswa tentang sikap guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 13 Padang. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien sebesar 0,442. Nilai koefisien ini signifikan, mempunyai thitung sebesar 9,253 > ttabel sebesar 1,663 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya apabila sikap guru naik sebesar 1%, maka hasil belajar ekonomi siswa akan naik sebesar 0,442. (2) Persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 13 Padang. Hal ini dibuktikan dengan koefisien sebesar 0,590. Nilai koefisien ini signifikan, mempunyai thitung sebesar 6,204 > ttabel sebesar 1,663 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya apabila kemampuan komunikasi guru naik 1%, maka hasil belajar ekonomi siswa akan naik sebesar 0,590. (3) variabel sikap dan kemampuan komunikasi guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 13 Padang. Dimana diperoleh Fhitung (113,970) > dari Ftabel (3,10) dan sig (0,000) < dari alpha (0,05) berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya sikap dan kemampuan komunikasi guru dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 72,8% sedangkan sisanya sebesar 27,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada guru SMA Negeri 13 Padang untuk lebih menunjukkan sikap yang dapat membuat siswa senang, terutama dalam menerima pelajaran. Selain itu, juga juga disarankan untuk lebih meningkatkan kemampuan komunikasi agar siswa mudah menerima apa yang telah di sampaikan. Hal ini bertujuan agar siswa meningkatkan hasil belajarnya.