Pengaruh Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Padang

Main Author: Ressy, Maiyetri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9188/1/10090181%20RESSY%20MAIYETRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9188/2/ABSTRAK1%20%2811%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9188/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-20T084734.563.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9188/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-20T084704.039.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9188/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 8 Padang, 2) Pengaruh gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Padang, 3) Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Padang, 4) Pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Padang.Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 8 Padang berjumlah 119 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Sample random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 92 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran ekonomi, dilihat dari nilai koefisien sebesar 0,496 dan nilai thitung> ttabel (3,769 > 1,661). Artinya apabila gaya belajar visual meningkat 1% maka prestasi belajar akan meningkat sebesar koefisien 0,496 dalam setiap satu satuan. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran ekonomi, dilihat dari nilai koefisen sebesar 0,515 dan thitung> ttabel (4,486 > 1,661) Artinya apabila gaya belajar auditorial meningkat 1% maka prestasi belajar akan meningkat sebesar koefisien 0,515 dalam setiap satu satuan. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran ekonomi, dilihat dari nilai koefisen sebesar 0,672 dan nilai thitung> ttabel (4,244 > 1,661). Artinya apabila gaya belajar visual meningkat 1% maka prestasi belajar akan meningkat sebesar koefisien 0,672 dalam setiap satu satuan. 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama–sama antara gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Padang tahun ajaran 2013/2014 berdasarkan hasil analisis data Fhitung>Ftabel (74,975 > 2,70) dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05.