Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kebiasaan belajar dan perhatian orang tua secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI IIS di SMA Negeri 13 Padang Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 112 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 88 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif yaitu uji kelayakan model, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R Square) dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 13 Padang. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien sebesar 0,588. Nilai koefisien ini mempunyai thitung sebesar 6,501 > ttabel sebesar 1,988 berarti H0 ditolak Ha diterima; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 13 Padang. Hal ini dibuktikandengan nilai koefisien sebesar 0,619. Nilai koefisien ini mempunyai thitung sebesar7,362 > ttabel sebesar 1,988 berarti H0 ditolak Ha diterima; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar dan perhatian orang tua secara simultan terhadap hasilbelajar Ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 13 Padang dengan Fhitung sebesar101,44 > Ftabel sebesar 3,10 dan sig (0,000) < dari alpha (0,05) berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya pengaruh kebiasaan belajar dan perhatian orang tua mampumempengaruhi hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 13 Padang sebesar 70,5% dan sisanya 29,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada siswa agar menanamkan kebiasaan belajar yang baik dalam dirinya. Karena dengan menanamkan kebiasaan belajar yang baik pembelajaran yang dilaksanakan akan berjalan dengan baik dan hasil belajar yang diinginkan juga dapat tercapai dengan optimal sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, perhatian orang tua juga besar pengaruhnya terhadap hasil belajar anaknya. Untuk itu, orang tua perlu memberikan perhatian yang lebih terhadap belajar anaknya agar anak mereka juga semangat dalam belajarnya sehingga hasil belajar yang akan mereka peroleh nantinya juga akan baik sesuai dengan yang diinginkan.