Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kebiasaan belajar dan minat baca siswa terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2014 di SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok yang beralamat di Jalan Rawang Sari No. 01 Salayo, kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptif asosiatif, dengan jumlah populasi sebanyak 144 siswa dan jumlah sampel yang diambil adalah 106 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji maximum likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji multikoliniaritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas dan analisis regresi berganda, koefisien determinan (R2) dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Dimana diperoleh koefisien 8.581, nilai koefisien ini signifikan karena nilai t sebesar 7,900 > sebesar 1,9826 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. 2.) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat Baca terhadap hasil Belajar. Dimana diperoleh nilai koefisien sebesar 9.776, nilai koefisien ini signifikan karena sebesar 12,309 > sebesar 1,9826 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, berarti H diterima dan H ditolak. Signifikan dan positif secara bersama-sama antara kebiasaan belajar dan minat baca terhadap hasil belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 676.805 > Ftabel 3.08 dan nilai signifikan 0,000< α = 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha dterima