Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua Dan Prestasi Belajar Siswa Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Ranah Pesisir Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Nia, Juliati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9172/1/10090257%20NIA%20JULIATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9172/2/ABSTRAK%20-%202020-07-17T145853.617.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9172/3/KESIMPULAN%20%2894%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9172/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-17T145929.543.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9172/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. 2) Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. 3) Pengaruh Prestasi Belajar Siswa Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. 4) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Jenis penelitian ini adalah ex-post fakto, ex-post fakto adalah penelitian tentang variabel yang kejadianya sudah terjadi sebelum penelitian dilaksanankan, dengan pendekatan korelasional dan metode yang digunakan metode kuantitatif. Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Jumlah sampel yang diambil adalah 146 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pendidikan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa melanjutkan keperguruan tinggi, yang menunjukan nilai koefisien sebesar 0,327. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3.800 > ttabel sebesar 1,6554, dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, dengan demikian dapat dikatakan apabila tingkat pendidikan orang tua meningkat sebesar satu satuan maka minat melanjutkan ke peguruan tinggi akan meningkat sebesar 0,327 satuan. (2) Pendapatan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa melanjutkan keperguruan tinggi, yang menunjukan nilai koefisien sebesar 11,976. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,240 > ttabel sebesar 1,6554, dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, artinya apabila tingkat pendapatan orang tua meningkat sebesar satu satuan maka minat melanjutkan ke peguruan tinggi akan meningkat sebesar 11,976 satuan. (3) Prestasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa melanjutkan keperguruan tinggi. yang menunjukan nilai koefisien sebesar 0,782. Nilai koefisien ini signifikan karena thitung 8,503 > ttabel sebesar 1,6554, dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, artinya apabila prestasi belajar siswa meningkat sebesar satu satuan maka minat melanjutkan ke peguruan tinggi akan meningkat sebesar 0,586 satuan. (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orangtua, pendapatan orangtua dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap minat siswa melanjutkan keperguruan tinggi, yang ditunjukan oleh nilai Fhitung 68,104 > Ftabel 2,67 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, artinya antara tingkat pendidikan orangtua, pendapatan orangtua dan prestasi belajar yang mempengaruhi varian minat siswa melanjutkan keperguruan tinggi sebesar 58,1% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya. Kata Kunci : Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa.