Pengaruh Locus Of Control, Kecerdasan Intelektual, Kompetensi Dosen dan Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat
Main Author: | Selly, Bahufitria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/917/1/13090273%20SELLY%20BAHUFITRIA%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/917/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/917/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/917/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/917/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh locus of control terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh kompetensi dosen terhadap prestasi belajar, 4) pengaruh pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar, 5) pengaruh locus of control, kecerdasan intelektual, kompetensi dosen dan pendapatan orang tua secara bersama- mempengaruhi prestasi belajar. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling atau sampel berstrata tingkat pendapatan orang tua yang tinggi dan rendah yang dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 86 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Hasil regresi dari kelompok sampel pendapatan orang tua tinggi locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,306. Nilai ini signifikan, karena nilai thitung sebesar 3,541 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,98969. Maka hasil belajar akan meningkat pula sebesar 0,306 satuan. Hasil regresi dari kelompok sampel pendapatan orang tua rendah , locus of control tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,076. Nilai koefisien ini signifikan, karena nilai thitung sebesar 1,100 lebih kecil dari nilai ttabel sebesar 1,98969. Maka prestasi belajar akan meningkat pula sebesar 0,076 satuan. Kedua Hasil regresi dari kelompok sampel pendapatan orang tua tinggi kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,111. Nilai koefisien ini signifikan, karena nilai thitung sebesar 1,805 lebih kecil dari nilai ttabel sebesar 1,98969. Maka prestasi belajar akan meningkat pula sebesar 0,111 satuan. Sedangkan hasil regresi dari kelompok sampel pendapatan orang tua rendah , kecerdasan intelektual berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,523. Nilai koefisien ini signifikan, karena nilai thitung sebesar 5,750 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,98969. Maka hasil belajar akan meningkat pula sebesar 0,523 satuan. Ketiga Hasil regresi dari kelompok sampel pendapatan orang tua tinggi kompetensi dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,264. Nilai koefisien ini signifikan, karena nilai thitung sebesar 2,589 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,98969. Maka hasil belajar akan meningkat pula sebesar 0,264 satuan. Sedangkan hasil regresi dari kelompok sampel pendapatan orang tua rendah , kompetensi dosen berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,182. Nilai koefisien ini signifikan, karena nilai thitung sebesar 3,324 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,98969. Maka hasil belajar akan meningkat pula sebesar 0,182 satuan. Keempat Hasil regresi dari kelompok sampel pendapatan orang tua tinggi pendapatan orang tua tidak berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,024. Nilai koefisien ini signifikan, karena nilai thitung sebesar 0,821 lebih kecil dari nilai ttabel sebesar 1,98969. Maka hasil belajar akan meningkat pula sebesar 0,024 satuan. Sedangkan hasil regresi dari kelompok sampel pendapatan orang tua rendah pendapatan orang tua tidak berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,106. Nilai koefisien ini signifikan, karena nilai thitung sebesar 0,916 lebih kecil dari nilai ttabel sebesar 1,98969. Maka prestasi belajar akan meningkat pula sebesar 0,106 satuan. Kelima locus of control, kecerdasan intelektual, kompetensi dosen dan pendapatan orang tua secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 83,583 > Ftabel 2,48 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk meningkatkan prestasi belajar pada 1). locus of control dengan total rata-rata indikator TCR 81,54 dengan TCR tertinggi terdapat pada indikator menyukai hal-hal yang bersifat kompetitif dengan TCR 82,79 sedangkan yang terendah terdapat pada indikator merasa dikejar waktu serta disiplin dengn TCR sebesar 80,70. 2). Kecerdasan intelektual dengan total rata-rata indikator TCR 82,25 dengan TCR tertinggi terdapat pada indikator visualisasi spasial dengan TCR sebesar 83,22 sedangkan yang terendah terdapat pada indikator kecerdasan angka TCR sebesar 78,37. 3) Kompetensi dosen dengan total rata-rata indikator TCR 80,62 dengan TCR tertinggi terdapat pada indikator kompetensi pedagogik dengan TCR sebesar 82,56 sedangkan yang terendah terdapat pada indikator kompetensi kepribadian TCR sebesar 77,91. 4) pada variabel pendapatan orang tua mahasiswa yang paling rendah sebanyak 5 orang dengan persentase 5,81% dan yang tertinggi sebanyak 3 orang dengan persentase 3,49% di Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat.