Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. 2) Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian adalah Deskriptif Asosiatif. Populasi penelitian adalah semua konsumen yang menggunakan shampo clear di Ujung Gading Pasaman Barat. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling yang berjumlah 180 orang. Data dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa 1) Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan shampo clear di Ujung Gading Pasaman Barat yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (3,581 > 1,65336) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,317. 2) Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan shampo clear di Ujung Gading Pasaman Barat yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (14,804 > 1,65336) dengan nilai koefien regresi sebesar 0,602. 3) Variabel harga, dan kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli shampo clear di Ujung Gading Pasaman Barat yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (215,270 > 3,05) jadi besarnya pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar: 74% dan sisanya 26% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa 1) variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian shampo clear di Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat. 2) variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian shampo clear di Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat. Untuk itu disarankan kepada perusahaan agar memperhatikan: 1) Harga produk, disarankan kepada perusahaan supaya memperbaiki pangsa pasar serta menyeimbangkan harga sehingga dapat menyebabkan keputusan pembelian konsumen terhadap shampo clear dimasa yang akan datang meningkat. 2) Kualitas produk, disarankan kepada perusahaan supaya memperbaiki kualitas produk shampo clear sehingga konsumen merasakan kepuasan tersendiri disaat menggunakan produk tersebut sehingga dapat menyebabkan meningkatnya keputusan pembelian konsumen pada produk shampo clear di Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat.