Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh tata ruang perpustakaan terhadap minat baca siswa, 2) Pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa, 3) Pengaruh tata ruang perpustakaan dan pelayanan perpustakaan secara bersama-sama terhadap minat baca siswa. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi adalah seluruh siswa SMA Negeri I Basa Ampek Balai Tapan. Teknik pengambilan sampel dengan Probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tata ruang perpustakaan terhadap minat baca siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,679 > 1,29007) dan nilai koefisien regresi sebesar 0,101. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa SMA Negeri Basa Ampek Balai Tapan dengan nilai thitung > ttabel (18,410 > 1,29007) dan nilai koefisien regresi sebesar 0,929. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama–sama antara tata ruang perpustakaan dan pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa SMA Negeri I Basa Ampek Balai Tapan tahun ajaran 2014/2015 dengan nilai Fhitung>Ftabel(175,649> 3,26) dan R Square 0,784. Dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa tata ruang dan pelayanan perpustakaan berpengaruh terhadap minat baca siswa SMA Negeri I Basa Ampek Balai Tapan, akan tetapi harus diperhatikan pada penataan ruang perpustakaan dan diperbaiki gedung perpustakaan serta meningkatkan pelayanan agar meningkat minat baca siswa.