Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX Mata Pelajaran IPS di SMPN 35 Padang
Main Author: | Masril, Saputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9165/1/10090274%20MASRIL%20SAPUTRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9165/2/ABSTRAK%20-%202020-07-17T113322.990.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9165/3/KESIMPULAN%20%2890%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9165/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-17T113408.807.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9165/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMPN 35 Padang, 2) Pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IX di SMPN 35 Padang, 3) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMPN 35 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November 2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif dengan populasi seluruh siswa kelas IX SMPN 35 Padang dengan jumlah 119 orang. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan Proposional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 91 orang. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belaja siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMPN 35 Padang, ditunjukan dengan nilai koefisien sebesar 0,855, dengan nilai sebesar 3,991 > sebesar 1,6617, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMPN 35 Padang, ditunjukan dari nilai koefisien sebesar 0,445, dengan nilai sebesar 12,078 > sebesar 1,6617, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara tingkat pendidikan orang tua dan Kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP N 35 Padang tahun ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukan oleh nilai uji Fhitung 118,627 > Ftabel 3,10 dan R Squere 0,729 atau 72,9% yang artinya sumbangan dari variabel tingkat pendidikan orang tua dan kreeativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 72,9% sedangkan sisanya sebesar 27,1% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Disarankan pada siswa agar lebih meningkatkan kreativitas belajar sehingga bisa meningkatkan prestasi belajarnya.