Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Semester Ganjil 2016/2017 Angkatan 2015 A Di Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI SUMBAR
Main Author: | Firendi, Firendi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/916/1/13090276%20FIRENDI%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/916/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/916/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/916/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/916/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh komunikasi interpesonal antara mahasiswa terhadap prestasi belajar 2) pengaruh kecerdsan emosional terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar, 4) pengaruh metode mengajar dosen terhadap prestasi belajar 5) pengaruhkomunikasi interpesonal antara mahasiswa, kecerdsan emosional, kreativitas belajar, dan metode mengajar dosen secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan April 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2015 A di Program Studi STKIP PGRI SUMBAR. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Total Random Sampling yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 orang mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama internal komunikasi interpesonal antara mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,013. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,275 > ttabel sebesar 1,69389. Artinya apabila sinternal komunikasi intepesonal a ara mahasiswa meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,013 dalam setiap satuannya. Kedua keerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,021. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,513 > ttabel 1,69389. Artinya, apabila prestasi belajar meningkat sebesar 1%, maka kecerdasan emosional akan meningkat sebesar 0,021 dalam setiap satuannya. Ketiga kreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,006. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 4,371 > ttabel sebesar 1,69389. Artinya, apabila kreativitas belajar meningkat sebesar 1%, maka kinerja guru akan meningkat sebesar 0,006 dalam setiap satuannya. Keempat metode mengajar dosen koefisien sebesar 0,016. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,748 > ttabel sebesar 1,69389. Artinya, apabila metode mengajar dosen meningkat sebesar 1%, maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,016 dalam setiap satuannya. Kelima komunikasi inter sonal antara mahasiswa, kecerdsan emosional, kreativitas belajar, dan m de mengajar dosen secara bersama- mempengaruhi prestasi belajar. Dimana eroleh nilai Fhitung 28,647 > Ftabel 2,67 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.