Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang ditemui di lapangan bahwa peserta didik masih ada yang belum bisa menyesuaikan diri sosial di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap: 1) Peran guru BK dalam membantu penyesuaian diri sosial peserta didik melalui pelaksanaan layanan informasi 2) Peran guru BK dalam membantu penyesuaian diri sosial peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII yaitu sebanyak 160 orang. Sampel diambil dengan teknik simpel random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru BK dalam membantu penyesuaian diri sosial peserta didik, secara umum berada pada kategori baik dengan rata-rata 216,1. Selanjutnya jika dilihat peran guru BK dalam membantu penyesuaian diri sosial peserta didik melalui pelaksanaan layanan informasi berada pada kategori baik dengan rata-rata 113,54. Seterusnya peran guru BK dalam membantu penyesuaian diri sosial peserta didik melalui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori baik dengan rata-rata 102,57. Berdasarkan temuan penelitian direkomendasikan kepada guru BK untuk lebih meningkatkan perannya dalam membatu penyesuaian diri sosial,kepala sekolah dan majelis guru untuk bisa bekerja sama dalam membantu penyesuaian diri sosial peserta didik.