Upaya Guru BK dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok
Main Author: | Reni, Mulia Kontesa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9147/1/10060214%20RENI%20MULIA%20KONTESA-min.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9147/2/ABSTRAK%20-%202020-07-11T110813.594.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9147/3/KESIMPULAN%20%2848%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9147/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20%2876%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9147/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh komunikasi peserta didik yang belum terkontrol dan tidak ada penerimaan baik antara peserta didik terhadap guru dan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Upaya guru BK dalam mengembangkan keterampilan komunikasi peserta didik dengan guru dilihat dari komunikasi verbal dan nonverbal, 2) Upaya guru BK dalam mengembangkan komunikasi peserta didik dengan teman sebaya dilihat dari komunikasi verbal dan nonverbal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah seluruh peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, yaitu 125 peserta didik, teknik yang dipakai purposive sampling yang diambil sebanyak 64 peserta didik dari di kelas VIII3 dan VIII4 dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu karena 64 peserta didik adalah peserta didik ini yang benar-benar mendapatkan layanan dari guru BK karenan peserta didik kurang mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa secara umum upaya guru BK dalam mengembangkan keterampilan komunikasi peserta didik berada pada kriteria cukup baik dengan persentase 76,56% peserta didik, dari hasil penelitian berdasarkan subvariabelnya, yaitu: 1) Upaya guru BK dalam mengembangkan keterampilan komunikasi peserta didik dengan guru berada pada kriteria cukup baik, 2) Upaya guru BK dalam mengembangkan keterampilan komunikasi peserta didik dengan teman sebaya berada pada kriteria cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru bimbingan dan konseling agar lebih meningkatkan keterampilan komunikasi kepada peserta didik. Agar keterampilan komunikasi peserta didik berjalan lebih efektif.