Profil Motivasi Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Kasus terhadap Pesesrta Didik yang Memiliki Prestasi Belajar Tinggi di Kelas XI SMK Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya)
Main Author: | Leni, Rusmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9139/2/10060051%20LENI%20RUSMAWATI-min%20%281%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9139/1/ABSTRAK%20-%202020-07-09T153626.744.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9139/3/KESIMPULAN%20%2834%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9139/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20%2860%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9139/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang memiliki motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi belajar, berbeda dengan peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan 1) Profil motivasi belajar peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar berdasarkan aspek internal. 2) Profil motivasi belajar peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar berdasarkan aspek eksternal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, berjumlah informan kunci 2 orang peserta didik, informan tambahaan 2 orang koordinator BK/guru BK, 2 orang wali kelas, 4 orang guru mata pelajaran, dan 2 orang teman pesera didik. Data ini dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa 1) Profil motivasi belajar peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar berdasarkan aspek internal bertanya, mencatat, memahami dan mengulang pelajaran, mampu memperbaiki nilai yang gagal. 2) Profil motivasi belajar peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar berdasarkan aspek eksternal, peserta didik yang memiliki motivasi belajar didukung dengan adanya hadiah diberikan guru kepada peserta didik yang berprestasi tinggi berupa beasiswa, nilai tambahan dan nilai plus. Pujian diberikan kepada peserta didik berupa nasehat untuk meningkatkan prestasi belajar di sekolah. Serta persaingan peserta didik lebih aktif menjawab pertanyan dari guru, Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada semua guru dalam mengajar dapat memotivasi peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar.