Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Kreativitas dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP N 30 Padang

Main Author: Nia, Zani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/912/1/13090231%20NIA%20ZANI%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/912/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/912/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/912/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/912/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh pola asuh Orang tua terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajara IPS Terpadu kelas VIII SMP N 30 Padang. 2) pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajara IPS Terpadu Kelas VIII SMP N 30 Padang. 3) pengaruh kreativitas terhadap kemandirian belajar siswa kelas siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP N 30 Padang. 4) pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajara IPS Terpadu kelas VIII SMP N 30 Padang. 5) pengaruh pola asuh orang tua, konsep diri keativitas dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa siswa pada mata pelajara IPS Terpadu kelas VIII SMP N 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII Di SMPN 30 Padang yang belajar mata pelajaran IPS Terpadu Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah sebanyak 267 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebesar 158 orang Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP N 30 Padang, dimana nilai koefisien sebesar 0,125 dengan sig sebesar 0,038 < α 0,05 dan thitung 2,094 > ttabel 1,65487. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa siswa pada mata pelajara IPS terpadu Kelas VIII SMP N 30 Padang, dimana nilai koefisien sebsesar 0,132 dengan sig 0,008 < α 0,05 dan thitung 2,701 > ttabel 1,65487. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas terhadap kemandirian belajar siswa siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP N 30 Padang, dimana nilai koefisien sebesar 0,113 dengan sig 0,008< α 0,05 dan thitung 2,703> ttabel 1,65487. (4) Terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajara IPS Terpadu kelas VIII SMP N 30 Padang, dimana nilai koefisien dengan sig 0,000< α 0,05 dan thitung 5,517 > ttabel 1,65487. (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua, konsep diri, kreativitas dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajara IPS terpadu Kelas VIII SMP N 30 Padang, dimana nilai koefisien dengan sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung 32,337 > Ftabel 2,43. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diketahui pola asuh orang tua, konsep diri, kreativitas dan lingkungan sekolah terhadap kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifika. Oleh karena itu disarankan kepada pihak sekolah dan orang tua untuk lebih memperhatikan siswa agar memiliki kemandirian dalam belajar.